Letak

Dusun Pringgading adalah sebuah dusun yang terletak di wilayah Desa Guwosari Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul. Sedangkan Desa Guwosari sendiri tergolong sebuah desa yang mempunyai potensi yang cukup baik dalam SDM dan SDAnya. Di daerah yang jaraknya kurang lebih 3 KM dari Pemerintahan Kabupaten Bantul ini semakin dikenal dengan adanya obyek wisata Goa Selarong yang tentu sudah tidak asing lagi bagi warga masyarakat Kabupaten Bantul. Letak geografis wilayah Desa Guwosari terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi, namun mayoritas pedukuhan yang berada di wilayah Guwosari berada di dataran rendah hanya pedukuhan Watugeduk/ Grogol, pedukuhan Bungsing dan pedukuhan Pringgading yang berada di wilayah dataran tinggi atau pegunungan.

Desa Guwosari terbagi dalam 15 pedukuhan, dan pedukuhan Pringgading merupakan pedukuhan yang terakhir atau yang ke 15 dari pedukuhan yang ada di Desa Guwosari. Dusun Pringgading berada di wilayah pegunungan yang berbatasan dengan wilayah Desa Sendangsari dan Desa Bangunjiwo. Adapun Dusun Pringgading berbatasan dengan dusun-dusun sebagai berikut:

1. Sebelah Barat: Dusun Krebet, Kelurahan Sendangsari

2. Sebelah Timur: Dusun Watugeduk/ Grogol, Kelurahan Guwosari

3. Sebelah Selatan: Dusun Bongsing, Kelurahan Guwosari

4. Sebelah Utara: Dusun Bibis dan Kalinongko, Kelurahan Bangunjiwo

Dusun Pringgading terbagi dalam dua wilayah yaitu Pringgading utara dan Pringgading selatan, namun walaupun terbagi dalam dua wilayah tetapi tetap dalam koordinasi satu pedukuhan. Pringgading utara terdiri dari tiga RT yaitu RT 01 yang penduduknya berjumlah 41 KK, RT 02 berjumlah 37 KK, dan RT 06 berjumlah 21 KK. Sedangkan Pringgading selatan terdiri dari lima RT, yaitu RT 03 yang jumlah penduduknya 36 KK, RT 04 berjumlah 48 KK, RT 05 berjumlah 15 KK, RT 07 dan RT 08 merupakan RT yang belum lama terbentuk jadi penulis belum mengetahui data secara pasti berapa jumlah KKnya.

Pada awalnya wilayah Dusun Pringgading hanya terdiri dari empat RT, yaitu RT 01, RT 02, RT 03, dan RT 04 yang merupakan penduduk asli Dusun Pringgading, namun dengan bertambahnya penduduk kemudian diadakan pemekaran RT dengan bertambah empat RT yakni RT 5 – RT 08. RT 05, RT 07 dan RT 08 merupakan warga pendatang yang sekarang tinggal di Perumnas Bumi Guwosari, sedangkan RT 06 juga merupakan warga pendatang yang sekarang menempati tanah Magersari milik Kraton Yogyakarta. Demikianlah gambaran singkat tentang Dusun Pringgading yang menjadi tempat lahir dan berkembangnya Organisasi Muda-mudi Pringgading

Tinggalkan komentar